Monday, March 28, 2011

Mengatasi Hidung Mampet

Mengatasi Hidung Mampet
Gara-gara keponakan nih, saya jadi ketularan flu dari kemarin. Tentu saja, yang paling gk enak itu saat hidung kita terasa begitu sempit, penuh dengan lendir (hiyy... :p) yang bikin susah nafas.

Meski banyak obat-obatan yang beredar di warung ataupun apotik, tapi saya sedang berusaha untuk meninggalkan obat-obatan kimia itu dan beralih ke pengobatan herbal atau tradisional. Untungnya, dapet info untuk mengatasi penyakit hidung mampet ini. Apakah itu??

Sebelum kita masuk ke cara pengobatannya, sebaiknya sobat perlu tahu dulu apa atau kenapa sih hidung mampet alias tersumbat itu?

HIDUNG buntu atau tersumbat dapat disebabkan beberapa hal, seperti pembengkakan konka atau bagian dari saluran hidung kita yang letaknya di bagian dalam batang hidung mengalami pembengkakan. Karena itu menyumbat aliran udara yang masuk melalui rongga yang kecil itu. Hal ini karena radang akibat infeksi (misalkan influenza) atau alergi. Bisa pula karena adanya polip yang menyumbat aliran udara yang masuk kedalam rongga hidung.

Ada beberapa cara untuk mengatasi hidung mampet, yakni:
  1. Sebaiknya hirup udara di pagi hari. Hal ini bisa membuat kondisi hidung menjadi lebih baik. Tentu, membuat paru-paru bisa mendapatkan udara yang belum terpolusi. Selai itu, pemakaian inhaler (kayak yang di iklan-iklan itu lho...) yang terlalu sering pun tidak baik, karena akan akan membuat konka hidung menjadi mengecil terus-menerus dan merusak sel-sel di dalam rongga hidung. Akibatnya, akan mengganggu rongga penciuman.
  2. Gunakan cara tradisional yakni menghirup uap air yang hangat serta menutup kepala dengan handuk supaya uap air bisa terhirup lebih banyak. Selain dapat melancarkan aliran darah di rongga hidung dengan menghirup uap air, ternyata juga bisa mengecilkan konka yang membengkak. Hasilnya, tentu saja hidung akan kembali lancar.

Gimana, mudah sekali kan mengatasi hidung mampet dengan cara tradisional ini? Jadi mulai sekarang teman-teman tidak perlu lagi deh bergantung dengan obat-obatan kimiawi yang bisa jadi akan menimbulkan beragam efek samping yang kurang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Yuk, kita gelorakan semangat kembali ke obat-obatan tradisional / herbal seperti ini ;)

2 comments:

Anonymous said...

Thanks y atas infonya... Lam kenal... Lopiecer@yahoo.comcom

Halodok.com said...

Hidung mampet menghilangkannya mudah sekali, bisa menggunakan air panas, dan bisa gunakan sambil minum, atau uap dari air panas tersebut. Dan tentunya sebaiknya istirahat dulu bila memungkinkan, apa lagi hindari dari sinar-sinar smartphone, bisa-bisa tambah pusing.