Sunday, February 13, 2011

Tips Mengatasi Telapak Kaki Pecah Dan Kasar

Telapak kaki pecah dan kasar tampaknya sudah menjadi penyakit yang dialami oleh banyak orang, tidak peduli apapun aktivitasnya.

Telapak kaki yang pecah-pecah bisa disebabkan oleh beberapa hal. Apakah disertai dengan rasa gatal atau nyeri, karena jika demikian bisa disebabkan karena jamur. Kondisi kaki yang selalu tertutup sepatu (misalnya sepatu berbahan kulit sintetis) juga menyebabkan kaki menjadi panas dan akibatnya mudah pecah-pecah atau kasar. Kaki yang selalu tertutup juga bisa memancing jamur tumbuh subur sehingga kondisinya akan lebih susah untuk diobati.

Untuk membantu mengurangi kasar-kasar pada kaki, cobalah beberapa tips berikut ini:
  1. Kurangi menggunakan sepatu tertutup.
  2. Gunakan kaus kaki untuk menyerap lembab keringat jika harus memakai sepatu.
  3. Sering-sering lepas sepatu untuk memberi udara segar pada kaki Anda, atau gunakan sepatu sandal yang lebih terbuka.
  4. Kalau kantor Anda memungkinkan Anda menggunakan sandal biasa selama di kantor, gantilah sepatu Anda dengan sandal sesekali.
  5. Hak sepatu yang tinggi juga bisa memberi kontribusi pada telapak kaki yang pecah-pecah karena dengan hak tinggi Anda memberi tekanan lebih pada telapak kaki.  Jadi sebaiknya untuk sementara hindari pemakaian hak sepatu tinggi.

Sementara untuk perawatan di rumah, cobalah tips berikut ini:
  1. Rendam kaki Anda dengan air hangat yang diberi sabun cair, setidaknya sepuluh sampai lima belas menit.
  2. Jika telapak kaki sudah agak lunak, gunakan batu apung khusus untuk telapak kaki (jangan terlalu kasar karena bisa menyebabkan iritasi) atau sikat khusus telapak kaki, dan gosok-gosokkan dengan lembut dengan gerakan memutar, kira-kira lima menit untuk masing-masing kaki.
  3. Setelah itu keringkan kaki, pijat-pijatlah dengan lembut dengan menggunakan minyak esensial atau boleh juga dengan body lotion agar peredaran darah di telapak kaki lancar. Anda juga bisa menggunakan body butter karena kadar emolientnya (pelembut) lebih tinggi dari body lotion biasa. Lakukan perawatan ini seminggu sekali. Perawatan ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau di salon.

Untuk perawatan hari-hari, jangan lupa menggunakan body butter di telapak kaki pada malam hari sebelum tidur. Atau boleh juga menggunakan krim khusus telapak kaki seperti Gehwol. Lakukan pada kaki yang bersih (jadi bersihkan dulu dengan sabun secara seksama sebelum tidur). Penggunaan krim pada telapak kaki di malam hari bisa membantu kulit telapak lebih lembut di keesokan harinya, sehingga tidak mudah teriritasi saat Anda harus berlalu-lalang dengan sepatu.

Lakukan semuanya dengan sabar, insya Allah perlahan-lahan kondisi kulit telapak Anda akan semakin membaik.

Selamat mencoba! ;)

4 comments:

OBAT AMBEIEN PARAH said...

Kalau kaki saya pecah pecah biasa pas musim kemarau, apa ada obat herbal untuk menyembuhkannya ?

Anonymous said...

Mr Sukses

klo pake daun pepaya bisa ga tuh

Anonymous said...

Gokil Abiz

biasanya gosok pake batu apung cukup kok

Anonymous said...

kisah islam

klo obat herbal coba pake madu mas